SUKODONO BER-ECOBRICK RIA


SUKODONO BER-ECOBRICK RIA, apa sih yang namanya Ecobrick ???

Ecobrick adalah bata yang ramah lingkungan, dibuat dengan cara memasukkan plastik-plastik bekas kedalam botol bekas hingga padat dan botol menjadi keras.

Berikut kutipan dari www.ecobricks.org, “Ecobrick adalah botol plastik yang dipenuhi hingga padat segala sampah yang tidak terurai untuk siap menjadi bata bangunan yang bisa dipakai ulang. Tahu plastik yang selama ini dibuang percuma atau didaur ulang? Mereka sebenarnya adalah material yang sempurna untuk ecobrick. Yang terbaik darinya adalah juga bahwa kita tidak perlu mesin canggih, tidak membutuhkan keterampilan khusus, tidak perlu insinyur, bahkan p

olitisi untuk memulainya”.

Kenapa diadakan ecobrick? karena di Desa Sukodono khususnya permasalahan sampah plastik menjadi salah satu masalah utama dalam lingkungan. Jika sampah plastik dibuang disembarang tempat/ diselokan, akan terjadi penumpukan sampah yang sangat luar biasa bahkan bisa menyebabkan banjir. Disamping itu, jika sampah plastik dibakar, akan mengakibatkan polusi udara dimana-mana.

SOSIALISASI DAN PRAKTEK ECOBRICK

Dengan adanya permasalahan tersebut, pada tanggal 13 Mei 2018 Desa Sukodono melalui Petinggi Sukodono mendeklarasikan bahwa Desa Sukodono mencanangkan Ecobrick bagi semua warga masyarakat Desa Sukodono. Dan ternyata Deklarasi Ecobrick Desa Sukodono mendapat dukungan dari semua pihak. Mulai dari pemerintah Desa Sukodono, Ibu-ibu PKK dan Kader Posyandu, BPD, BKM, FKPM, KPMD, Babinsa, Babinkamtibmas, Karang Taruna, Linmas, Bidan Desa, Ketua RT dan RW, serta seluruh anak dan guru Sekolah Dasar Negeri di Desa Sukodono.

S e l a m a t   B e r – E c o b r i c k   R i a . . . . .

oleh abdulodazis

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan