Nguri uri budoyo jowo “uyon-uyon”

Dalam penanggalan jawa, hari ini sudah memasuki Bulan Besar/ Dzulhijjah. Pada bulan Besar/Dzulhijjah mayoritas masyarakat Desa Sukodono berpendapat bahwa bulan Besar adalah bulan yang cocok/baik untuk melangsungkan acara pernikahan maupun Sunatan.

Pada kesempatan ini, bertempat di RT.03 RW.05 terdapat sepasang kawula muda yang melangsungkan acara pernikahan. Pada malam hari, terdapat acara budaya Jawa “uyon-uyon” dengan iringan gending jawa.

Seni karawitan uyon-uyon adalah salah satu dari sekian banyak kesenian luhur yang berasal dari pulau Jawa khususnya sebagian Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbagai unsur hadir di dalam seni karawitan uyon-uyon. Perpaduan harmonis dari gamelan dan merdunya suara sinden menyatu membentuk alunan indah. Biasanya kesenian satu ini ditampilkan dalam acara-besar jawa seperti pernikahan dan bersih desa.

Gamelan merupakan pengiring utama dalam kesenian ini.  Gamelan yang digunakan di dalam uyon-uyon merupakan gamelan lengkap dengan laras pelog dan slendro. Alat musik tradisional jawa ini akan dimainkan oleh sekelompok orang yang disebut pengrawit atau nayaga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan